Jadi Peserta Development Camp, Putra Madura Banjir Pujian

Madura United U16 - PSSI melalui program Elite Pro Academy, melaksanakan Development Camp bagi perwakilan pemain tim peserta Kompetisi Liga 1 U16. Kegiatan tersebut berlangsung di Jakarta dari 17 Oktober hingga 21 Oktober nanti. Bahkan, kegiatan yang mendatangkan talent scouting dari Chelsea FC tersebut, juga akan menjadi jembatan untuk menimba ilmu di London nantinya.

Akademi Madura United FC mengirimkan Direktur Teknik Ade Iwan Setiawan dan Asisten Pelatih Laskar Sape Kerrab Ngodeh Wandi. Sementara dari 5 pemain Madura United U15 yang diajukan sebagai calon peserta, hanya Achamd Saugi yang terpilih.

Cerita di hari pertama kegiatan tersebut, PSSI menyelenggarakan trofeo dari penyaringan talenta muda di Indonesia. Saugi masuk dalam tim wilayah tengah yang dinakhodai legenda Timnas Indoensia Kurniawan Dwi Yulianto.

Menurut Iwan, penampilan Saugi tidak mengecewakan. Pemilik nomer punggung 38 di klub asal Pulau Garam itu mampu bersaing dengan pemain pilihan se-Indonesia.

"Intinya, nanti yang talented (bertalenta) akan mendapatakan kesempatan menimba ilmu di luar negeri. Di sini ada talent scouter Chelsea juga," kata Iwan.

Hasil pertandingan trofeo kemarin akan dievaluasi guna menentukan menu latihan selama development camp. Pembahasan dilangsungkan di Sawangan kemarin malam oleh para direktur akademi klub Liga 1, termasuk Iwan Setiawan.

Pasalnya, konsep latihan akan menentukan perubahan yang signifikan pada Minggu (21/10), sebagai puncak pembinaan, seperti yang disampaikan Iwan. Namun, Iwan masih belum bisa membocorkan hasil catatan di pertandingan pertama kemarin.

"Evaluasi ini untuk mengkonsep latihan selama development camp sekaligus evaluasi pada putaran pertama. Minggu nanti kita lihat hasil dari pembinaannya," sambung Iwan.

Pada pertandingan kemarin, Saugi ditempatkan sebagai gelandang pengangkut air. Sejatinya, ia berposisi sebagai gelandang serang di Madura United FC.

Akan tetapi, Saugi mengaku senang dan mendapatkan pelajaran banyak di hari pertama. Ia pun bercerita bisa berbicara langsung dengan legendaris tim Garuda sebagai bekal bagi dirinya.

"Pasti senang sekali, ini pengalaman yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Kata Coach Kurniawan tadi saya cocoknya bermain di gelandang serang, sebenarnya saya di posisi itu di Madura dan Coach Kurniawan memberikan arahan banyak pada saya tadi," tandasnya.***