Refleksi Asep di Hari Anak Internasional

Madura United FC - Pendidikan menjadi salah sektor yang mendapatkan dampak besar dari merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia. Itu sejak Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo mengumumkannya pada bulan Maret 2020.

Hingga saat ini, status genting masih belum hilang di Indonesia. Pemerintah pusat pun telah menerapkan new normal guna mengantisipasi mandeknya roda kehidupan.

Gelandang Madura United Asep Berlian merasakan imbas Covid-19 terhadap pendidikan itu. Dia melihat, sistem pembelajaran di tengah permasalahan bersama ini membuat sejumlah keluarga terkejut.

Selain itu, dia menceritakan terkadang anak sulit terkontrol dengan adanya sistem pembelajaran jarak jauh. Pemilik nomor punggung 4 di Madura United ini pun menyarankan, agar orang tua lebih aktif mendampingi buah hatinya belajar.

“Memang kalau di tengah Covid-19, anak-anak jangan dibiarkan belajar sendiri, tapi butuh pendampingan dan arahan. Orang tua harus lebih aktif,” terangnya, Kamis (19/11/2020).

Proyeksi Tim Nasional (Timnas) Indonesia ini mencontohkan dirinya yang memanfaatkan libur ini dengan mendampingi anak Yunatis Azka Berlian belajar mengaji.

Tidak sebatas saat libur, ketika masih bersama tim, Asep mengaku kerap mengontrol buah hatinya. Itu agar tetap belajar sembari didampingi istrinya Eka Yuliati.

“Hari Anak Internasional, sejatinya harus menjadi refleksi bagi semua orang tua agar lebih peduli terhadap pendidikan anaknya. Sebab, dia akan menjadi generasi emas nanti,” tutup Asep.***