2021 Seharusnya Memulai Kompetisi Baru

Madura United FC - Sejak lama skuad Madura United menunggu kepastian Liga 1 dimulai kembali. Mereka telah banyak menghabiskan waktu latihan tanpa kompetisi. Laskar Sape Kerrap itu harus menelan kembali penundaan Liga 1 sampai awal tahun 2021.

Ditundanya kompetisi Liga 1 2020 hingga awal tahun 2021 dikarenakan pihak kepolisian tidak menerbitkan izin keramaian, dengan pertimbangan menanggulangi wabah Covid-19. Sebelumnya seluruh klub sepak bola nasional berkomitmen untuk mematuhi prokes agar Liga 1 tetap dilanjutkan.

Hal itu hanya tinggal keinginan, pasalnya liga 1 2020 resmi diundur sampai awal tahun 2021. Sehingga semua klub dari Liga 1 tidak bisa berkompetisi di tahun 2020.

Sebelumnya Presiden Madura United Achsanul Qosasi telah menyatakan, kompetisi Liga 1 lebih baik dihentikan dengan memulai kembali Liga 1 di tahun 2021.

“Sejatinya sikap Madura United sudah jelas sejak awal; tidak mendukung kompetisi dilanjutkan. Namun, kami tetap sportif mengikuti keputusan bersama untuk melanjutkan,” ungkapnya.

Hingga sampai saat ini, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) masih menunda kompetisi Liga 1 sampai awal tahun 2021. Dengan tidak menghentikan kompetisi ini sudah sangat tidak relevan, karena seharusnya awal tahun 2021, klub sepak bola dari Liga 1 sudah memulai kompetisi baru.

Disampaikan juga oleh salah satu pemain Madura United yang berposisi sebagai bek Andik Rendika Rama. Menurutnya, seharusnya di tahun 2021 telah melakukan kompetisi baru, alias dengan tidak melanjutkan Liga 1 tahun 2020 yang ditunda sampai awal tahun 2021.

“Saya memaklumi atas penundaan atau Liga 1 mundur sampai dengan tahun depan. Semua ini bukan kemauan pihak manapun. Kita sudah tahu, karena keadaan atau situasi yang sedang melanda saat ini,” ungkapnya, Minggu (1/11/2020).

Dirinya mengakui sebagai pemain di Madura United akan mengikuti apa saja keputusan federasi; apakah mau melanjutkan kompetisi atau memulai kompetisi baru di tahun 2021.

Senada dengan yang disampaikan oleh Andik Rendika Rama, salah satu kiper Madura United Muhammad Ridho Djazulie menyampaikan, seharusnya di tahun 2021 sudah memulai kompetisi baru dengan tidak melanjutkan Liga 1 tahun 2020 di tahun 2021.

Dirinya sangat kecewa terhadap penundaan yang terjadi lagi untuk ke sekian kalinya. Pasalnya, semua klub tentu sudah bisa melakukan kompetisi sesuai dengan Prokes, sebagaimana kompetisi bisa dilanjutkan tanpa adanya suporter.

“Dengan status Liga 1 tahun 2020 yang dilanjutkan di tahun 2021 itu terlihat konyol. Lebih baik dihentikan saja. Kita mulai dari awal pada tahun 2021,” pungkasnya.***