Fokus Taktik dan Organisasi Permainan

20 Hari Jelang Menjamu Persib

Madura United FC - Madura United mulai mengubah pola latihan jelang menjamu Persib Bandung di pekan keempat Liga 1 2020. Diketahui, kedua kesebelasan sudah tinggal 20 hari yang bakal adu jegal untuk memperebutkan tiga poin pertama setelah jeda panjang akibat wabah Covid-19

Manajer Madura United Rahmad Darmawan menjelaskan, sejak pekan ini ia bakal mengurangi porsi latihan berat. Dia bakal lebih fokus terhadap latihan taktik dan organisasi permainan.

Sebagaimana diketahui, tiga pekan sebelumnya, Fachrudin W Aryanto dan kolega digenjot dalam pemulihan kondisi fisik. Hal itu karena selama 5 bulan tidak ada kompetisi. Para pemain sebatas latihan mandiri di rumah masing-masing.

Tak ayal, latihan berat tersebut berimbas terhadap kecepatan dan agresivitas skuad arahan Rahmad Darmawan. Itu terlihat dalam laga uji coba sebelumnya.

“Memang sudah waktunya untuk menurunkan intensitas latihan. Kami akan lebih fokus terhadap organisasi permainan, lebih fokus menguatkan pemahaman taktik. Soalnya, kompetisi sudah dekat,” ujarnya, Senin (14/9/2020).

Kendati demikian, RD-sapaan familiar dari Rahmad Darmawan–mengaku bakal melihat progres pemahaman taktik anak asuhnnya dalam laga uji coba. Dia menyebutkan, masih mengagendakan empat uji coba sebelum menjamu Maung Bandung-julukan dari Persib Bandung.

Bahkan, arsitek yang pernah membesut Tim Nasional (Timnas) Indonesia ini menargetkan, satu lawan uji coba dari empat yang sudah diagendakan merupakan kontestan Liga 1 2020. Namun, dia masih enggan menyebutkan identitas calon lawannya itu.

“Nanti ke depan, rencana kami masih ada empat uji coba. Salah satunya lawan tim dari Liga 1. Pemahaman taktik akan dilihat di laga uji coba itu,” sambungnya.

Pelatih fisik Madura United Sansan Susanpur menambahkan, sembari mematangkan pemahaman taktik dan organisasi permainan, ia bakal tetap memberikan latihan fisik dengan pola yang lebih taktikal.

“Tetap ada (latihan fisik), namun porsinya lebih sedikit ketimbang sebelumnya lebih dominan latihan berat,” tandasnya.***