Renegosiasi Bruno Matos Rentan Alot

Madura United FC - Latihan Madura United untuk mempersiapkan kembali bergulirnya Liga 1 2020 yang berjalan selama tiga pekan terakhir, terlihat belum melibatkan pemain asingnya.

Setidaknya, latihan-latihan persiapan yang digelar di Stadion Gelora Bangkalan (SGB) Madura tersebut, tinggal menyisakan 20 hari sebelum melanjutkan agenda pertandingan pekan keempat Liga 1 2020.

Komposisi pemain asing Madura United masih belum terlihat kehadirannya antara lain Emmanuel Oti Essigba, Bruno Matos, Jaimerson Xavier dan Jacob Pepper.

Mengenai Emmanuel Oti Essigba, sudah dipastikan tidak lagi membela tim berjuluk Laskar Sape Kerrab ini.

Selain winger asing Madura United itu, Alberto Goncalves juga dipastikan tidak terlibat dalam penyelesaian 31 pertandingan di kompetisi domestik tertinggi Indonesia itu. Striker naturalisasi tersebut dipinjamkan ke tim Liga 2, Sriwijaya FC, tim yang juga pernah dibela Beto sebelumnya.

Meskipun demikian, Manajer Madura United Rahmad Darmawan tidak risau. Dia sudah memiliki pandangan untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Oti. Dia memperkirakan, terdapat tiga pemain yang ideal untuk bermain di posisi winger, yakni Haris Tuharea, David Laly, dan Moch Kevy Syahertian.

Begitu juga dengan posisi yang ditinggal Beto, RD (sapaan familiar dari Rahmad Darmawan) masih memiliki Rifaldi Bawuoh dan Greg Nwokolo. Namun sejauh ini, keduanya belum bergabung dengan tim.

Soal kebutuhan pemain asing lainnya, mantan Pelatih Tira Persikabo itu tetap menaruh harapan besar terhadap Bruno Matos. Penyerang asing yang sempat mengikat kontrak dengan Madura United itu, diproyeksikan mengisi posisi striker yang ditinggalkan Beto.

Namun, tim masih menunggu kedatangan Bruno untuk memastikan renegosiasi kontrak bersama tim yang berbasis di Pulau Garam ini. Sebab, wabah Covid-19 yang berdampak pada penghentian kompetisi ini, membuat setiap tim harus menangguhkan kontrak yang diikat di awal musim.

Bahkan, Indonesia yang belum dinyatakan benar-benar aman dari wabah tersebut, membuat negoisasi ulang dengan pemain menjadi cukup alot. Itu terlihat dari sejumlah pemain asing  di beberapa klub selain Madura United yang memutuskan tidak melanjutkan kontraknya.

“Saya rasa untuk stok pemain yang ditinggal Beto di striker dan Oti di penyerang sayap. Kalau Bruno (Matos) tinggal menunggu kehadiran,” tuturnya, Kamis (10/9/2020).

Sedangkan dua pemain asing lainnya, Jaimerson Xavier (stoper-Brasil) dan Jacob Pepper (gelandang-Australia), masih terganjal administrasi untuk masuk ke Indonesia.

Tapi sejauh ini, RD mengaku masih fokus terhadap skuat yang sudah bergabung dengan tim dalam tiga pekan terakhir. Dia juga belum memikirkan proyeksi kebutuhan tim dari empat komposisi pemain asing tersebut.

“Kami masih mau melihat kebutuhan kami nantinya. Kami belum bisa memastikan, tapi sementara fokus dengan materi yang ada,” pungkasnya.***