Kehadiran Pemain Muda Asing Harus Dapat Apresiasi

Madura United FC - Selesainya masa istirahat lantaran adanya pandemi wabah Covid-19, skuad Madura United kembali berkumpul di mess Bangkalan untuk melakukan rangkaian latihan menyambut bergulirnya Liga 1.

Terdapat wajah baru di antara pemain, sosok berpostur jangkung dan masih sangat muda, Robert Junior Rodrigues Santos. Pemain berusia 19 tahun berdarah Brasil, baru saja bergabung dan menjadi bagian dari skuad Laskar Sapi Kerrab pada Kamis (20/8/2020).

Kedatangan Junior - panggilan Robert Junior Rodrigues Santos, menurut Presiden Klub Achsanul Qosasi - akrab disapa AQ, menyampaikan bahwa kehadiran Junior di Madura United merupakan bagian dari proyek investasi tim.

"Mendatangkan pemain asing usia muda bagian dari proyek investasi Madura United FC. Saat pertama kali mendatangkan Emmanuel Oti Essigba dengan usia 23 tahun, kami sempat mendapatkan pernyataan dan pertanyaan usianya yang masih muda untuk pemain asing." Tutur AQ.

Haruna Soemitro, menyampaikan bahwa kehadiran pemain muda di Madura United sudah seharusnya mendapatkan apresiasi, lantaran sebelumnya jarang mendatangkan pemain muda asing.

"Sekarang yang harus diapresiasi mestinya dari banyak pihak adalah klub kedatangan pemain muda asing. Ini harus diapresiasi. Selama ini kita kedatangan pemain asing selalu usia-usianya di atas 30 tahun. Ini ada pemain kelahiran 2001 datang, ini bagi Madura investasi luar biasa. Karena Madura menganggap pemain itu sebagai aset yang kita petik nantinya." Ungkap pria yang mengemban direktur Madura United.

Dia juga menambahkan, kehadiran pemain baru bisa jadi opsi renegosiasi kontrak pemain asing yang ada.

"Kami juga mengantisipasi, kalau slotnya masih ada ya kami seleksi. Kalau slotnya tidak ada, barangkali ada pemain asing yang tidak deal denganĀ  renegosiasi kontrak, iya kami akan isi ini dengan pemain baru." Imbuhnya.

Sedangkan Rahmad Darmawan selaku manajer pelatih, masih akan menilai dan mengawasi pemain selama latihan.

"Saya memproyeksikan pemain muda ini untuk jangka panjang. Bagus kalau bisa menyesuaikan dengan tim ini. Tapi kita tentu melihatĀ  kualitasnya seperti apa dan akan memulai latihan seperti pemain yang lain. Kalau adaptasinya cepat tidak menutup kemungkinan akan bergabung di kompetisi ini." Pungkasnya.***