Oti Jadi Idola Baru Madura United FC

Madura United FC - Winger asal Ghana Emmanuel Oti Essigba yang bergabung dengan Madura United, langsung mampu menjadi magnet bagi suporter Madura Bersatu, serta pecinta sepakbola Nasional. Pasalnya, dia memiliki skill yang mumpuni dan kecepatan.

Saat ini, publik diingatkan dengan kisah kala Madura United mengumumkan Oti sebagai salah satu rekrutan pemain asingnya yang bakal jalani debut di kompetisi Shopee Liga 1 2020. Netizen sontak meragukan kemampuan penyerang sayap bernomor punggung 11 di Madura United itu.

Ditambah lagi, debut mantan striker Tim Nasional Ghana U17 tersebut tidak berlangsung lama di babak pertama kontra Johor Darul Takzim FC Malaysia, dia harus meninggalkan lapangan lebih cepat lantaran terbekap cedera. Kabar tersebut sontak membuat penilaian netizen terhadap Oti kian buruk. Sebab, baru bermain langsung terbekap cedera.

Sejatinya, Fisioterapi Madura United Rudyus Suseno mengatakan, Oti baru landing di Malaysia, tanpa persiapan langsung bermain sebagai starter. Tak ayal, jika terbekap cedera hamstring.

”Waktu itu, dia cedera hamstring. Soalnya langsung main, padahal belum persiapan dengan tim,” kata Rudy.

Lantaran dalam masa pemulihan cedera, Oti tidak maksimal berkontribusi pada turnamen pra-musim Piala Gubernur Jawa Timur (PG Jatim) 2020. Begitu juga di kompetisi domestik tertinggi Indonesia musim ini, dia masih jarang bisa bermain full time.

Akan tetapi, skillnya sudah membuat suporter Madura Bersatu dan pecinta sepakbola Nasional berdecak kagum. Pada pekan pertama Shopee Liga 1 2020, dia langsung mencatatkan sepasang assist atas gol Alberto Goncalves dan Bruno Matos.

Sejatinya saat bermain melawan Bali United FC, Oti bermain sangat bagus. Masuknya Oti mampu membuat lini pertahanan Bali United FC kucar kacir. Sayang, sejumlah peluang tak mampu berbuah gol.

Hal itu membuat awak media mencerca dengan pertanyaan Manajer Madura United Rahmad Darmawan yang tidak memainkan Oti sebagai starter. Saat itu, RD-sapaan familiar Rahmad Darmawan itu menjawab, kondisi Oti masih belum memungkinkan bermain 90 menit.

”Oti Essigba Belum bisa bermain full time,” ujarnya.

Sudah menjadi idola baru di Madura United, Oti mengatakan, masih belum memberikan kemampuan maksimalnya. Dia ingin segera kembali kekondisi terbaiknya agar bisa memberikan lebih terhadap tim berjuluk Laskar Sape Kerrab ini.

”Belum maksimal, saya ingin segera kembali ke kondisi terbaik saya. Ingin sekall, mernberikan yang terbaik dan segera membawa Madura United bangkit,” pungkasnya.***