Febri Trianto Mulai Terlatih Respek di Timnas

Madura United FC - Febri Trianto satu-satunya pemain Madura United U16 yang dipanggil dalam pemusatan latihan timnas U16 menjalani peran sebagai winger. Peran tersebut, diakui Febri sapaan akrabnya berbeda daripada saat TC Timnas U16 tahun 2019 lalu.

“Saya kan memang lebih suka bermain sebagai winger. Meski saya juga sering bermain sebagai fullback kanan. Di TC Timnas kali ini, pelatih memfokuskan saya bermain sebagai winger,” ungkap Febri, remaja asal Pademawu Pamekasan.

Menjalani peran sebagai winger, Febri mengungkapkan merasa lebih nyaman dan lebih gampang beradaptasi dengan pola latihan yang dijalankan selama menjalani TC Timnas U16 di Sidoarjo. Dampaknya, Febri mengatakan dirinya merasa lebih percaya diri dalam bermain di game internal.

“Ada tantangan memberikan assist dan mencetak gol. Jadi lebih percaya diri daripada saat TC Timnas sebelumnya,” ulas pemain yang pada pelaksanaan Piala Bupati Cup U16 Askab PSSI Pamekasan tercatat sebagai pencetak gol terbanyak.

Lama ditempa dalam pertandingan Elite Pro Academy dan pengalaman menjalani pemusatan latihan Timnas, Febri juga mengaku mulai memahami arti respek yang ditanamkan dalam sepakbola.

Pembiasaan respek dalam menjalani latihan dan pertandingan game internal adalah menunjukkan simpati dan bersikap fair terhadap lawan jika terjadi insiden.

Salah satunya, terhadap insiden benturan hingga ada pemain yang terjatuh, jika wasit memberikan pelanggaran Febri menceritakan dirinya langsung mengulurkan tangan.

“Mungkin gara-gara sudah terbiasa. Refleks aja saat saya menjatuhkan teman saya harus membangunkan dia siapapun itu tidak pilih-pilih,” cerita putra dari pas-angan Iman Pujianto dan Nurmani tersebut, Rabu (22/1/2020) sore.***