33 Laga, 44 Kebobolan

Madura United Paling Sering Dibobol Via Titik Putih

Madura United FC - Selama 33 pekan Liga 1 2019, Madura United telah kebobolan 44 kali. 10 gol diantaranya lahir dari titik ptih. Jumlah tersebut tercatat yang terbanyak di kompetisi domestik tertinggi Indonesia musim ini.

Posisi kedua ditempati oleh PSS Sleman dan Barito Putera yang masing-masing kebobolan via penalti 9 gol. 10 gol yang bersarang di gawang Madura United melalui eksekusi 12 pas, uniknya tiga gol terjadi sekaligus dalam satu pertandingan. Itu saat melawan Persija Jakarta. Striker asing Marko Simic yang tercatat terbanyak membobol gawang Madura United melalui titik putih, yakni empat gol.

Sejatinya jumlah kebobolan Madura United melalui titik putih bisa bertambah menjadi 12 gol. Namun, dua penalti yang didapatkan Borneo FC dan Bali United FC gagal bersarang di gawang M. Ridho Djazulie cs.

Pelatih Madura United Rasiman menjelaskan, hadiah penalti yang diberikan wasit terhadap tim lawan kerap kali merusak psikologi pemain di lapangan.

Bahkan, mantan asisten pelatih T-Team Terengganu Malaysia ini menjelaskan, terkadang hukuman penalti terhadap Madura United sering terjadi dalam kondisi genting.

Dia mencontohkan, penalti PSIS Semarang guna menyamakan kedudukan, Selasa (17/12/2019) kemarin lusa, dua kali hadiah penalti kepada Borneo FC yang berujung kekalahan, dan sebagainya.

“Hukuman penalti itu bisa merusak psikologi pemain. Itu berbahaya jika terus-terusan membebani pemain pasca ada penalti. Sering juga beberapa penalti itu hadir di kondisi genting untuk hasil imbang. Sebut saja PSIS yang membuat kami kalah di Borneo itu,” terangnya.

Sedangkan tim yang terbanyak mendapatkan hadiah penalti, yaitu Persija Jakarta. Pasalnya, Ismed Sofyan dan kolega itu membukukan sembilan gol dari titik putih. Posisi kedua ditempati PSM Makassar yang mendapatkan 8 kali hadiah penalti.

Perolehan gol melalui titik putih atau kebobolan via penalti itu bisa berubah seiring dengan Liga 1 2019 masih menyisakan pekan terakhir. Madura United akan menuntaskan kompetisi ini dengan melawat ke markas Bali United FC, Minggu (22/12/2019).