Lawan Persebaya, Harus Lewati Ujian Berat

Madura United FC - Pekan ke-13 Shopee Liga 1 2019 akan menjadi laga terberat Madura United. Skuad Laskar Sape Kerrab harus menjalani pertandingan dengan komposisi sangat timpang. Sebanyak 8 pemain dipastikan absen.

Tak hanya harus kehilangan lebih dari separuh kekuatan tim intinya, Madura United juga datang ke stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dengan  catatan berat selama bertanding melawan Persebaya di GBT.

Sejak 2017 lalu, Madura United tercatat sudah menjalani sebanyak 4 kali melawan Persebaya di GBT. Yakni, babak penyisihan Piala Presiden 2017, Leg 1 Liga 1 2017, Semifinal Piala Presiden 2018 dan terakhir babak 8 besar Piala Indonesia. Tak satupun dari pertandingan tersebut yang mampu dimenangi Madura United.

Catatan belum pernah menang atas Persebaya selama menjalani pertandingan di GBT ditegaskan Dejan Antonic harus segera dipupus. Memecah rekor dengan komposisi pemain yang mayoritas para pemain muda diakui Dejan Antonic menjadi motivasi tersendiri dari para pemainnya.

“Masa lalu adalah evaluasi, karena kita harus fokus pada pertandingan yang akan dihadapi. Tidak ada masalah dengan komposisi para pemain, semuanya memiliki tanggung jawab besar dan hati untuk Madura United,” ungkap Dejan Antonic.

Dari 26 pemain Madura United yang terdaftar di Kompetisi Liga 1, 8 pemain dipastikan absen. Sebanyak 7 di antaranya karena cedera yakni  Fandri Imbiri, Asep Berilian, Alfath Fathier, Greg Nwokolo, Aleksandar Rakic, dan Andik Vermansyah. Satu pemain Jaimerson Xavier harus menjalani hukuman akumulasi kartu kuning.

“Ini kesempatan. Ini waktunya anak-anak muda menunjukkan kemampuannya. Soalnya, kami semua tidak tahu kesempatan itu datang kapan. Tiba-tiba seperti ini. Maka, saya selau katakan kepada kalian, tidak ada first team atau second team di Madura (United). Semuanya penting,” tambah Dejan menyikapi banyaknya pemain yang harus absen pada pertandingan tersebut.

Sementara itu, Fachrudin W Aryanto selaku kapten tim Madura United mengungkapkan,  pertandingan melawan siapapun, kedua tim sama-sama memiliki peluang untuk menjadi pemenang.

“Setiap tim memiliki peluang untuk menjadi pemenang dalam setiap pertandingan. Madura United dan Persebaya yang menjadi tuan rumah sekarang sama-sama punya peluang. Kami harus tetap berjuang apapun kondisinya. Bekal kami saat ini adalah sudah mendapatkan satu poin yang minimal harus kami pertahankan,” ujar Fachruddin W Aryanto.

Sejatinya, kondisi pincang juga tengah menerpa komposisi tim arahan Djajang Nurdjaman, seiring dengan absennya duo stoper mereka Hansamu Yama dan Otavia Dutra karena akumulasi kartu.

“Kita tidak sedang melihat lawan siapa yang tidak bermain.  Sepakbola adalah tim dan semua tim akan memulai pertandingan dengan 11 pemain,” tegas Dejan Antonic.***

 

Prediksi Starting Eleven

Persebaya Surabaya (Djajang Nurdjaman): Miswar Saputra (PG), Ruben Sanadi (C), Rachmat Irianto, Mokhamad Syaifudin, Novan Sasongko, M Solikin, Fandi Eko Utomo, Damian Lizio, Osvaldo Haay, Amildo Balde, Irfan Jaya.

Madura United (Dejan Antonic): M. Ridho Djazulie (PG), Andik Rendika Rama, Guntur Ariyadi, Fachrudin W Aryanto (C), Marckho Sandy Meraudje, Zulfiandi, Slamet Nurcahyo, Syahrian ABimanyu, David Laly, Alberto Goncalves, Engelberd Sani.

 

Head to Head

Piala Presiden 2018, 28 Januari

Persebaya Surabaya (1) : (0) Madura United

PGK II 2018, 24 Februari

Persebaya Surabaya (6) : (5) Madura United

Liga 1 2018, 25 Mei

Madura United (2) : (2) Persebaya Surabaya

Liga 1 2018, 25 Oktober

Persebaya Surabaya (4) : (0) Madura United

Semi Final Leg I Piala Presiden 2019, 3 April

Persebaya Surabaya (1) : (0) Madura United

Semi Final Leg II Piala Presiden 2019, 6 April

Madura United (2) : (3) Persebaya Surabaya

Perempat Final Leg I Piala Indonesai, 19 Juni

Persebaya Surabaya (1) : (1) Madura United

Perempat Final Leg II Piala Indonesia, 27 Juni

Madura United (2) : (1) Persebaya Surabaya

 

Pertandingan Kandang-Tandang di Liga 1 2019

Kandang Persebaya Surabaya

2 Agustus (Menang)

Persebaya Surabaya (1) : (0) Persipura Jayapura

21 Juli (Imbang)

Persebaya Surabaya (1) : (1) Tira-Persikabo

9 Juli (Imbang)

Persebaya Surabaya (2) : (2) Barito Putera

5 Juli (Menang)

Persebaya Surabaya (4) : (0) Persib Bandung

1 Juli (Menang)

Persebaya Surabaya (3) : (2) Persela Lamongan

30 Mei (Imbang)

Persebaya Surabaya (1) : (1) PSIS Semarang

21 Mei (Imbang)

Persebaya Surabaya (1) : (1) Kalteng Putra

 

Tandang Madura United

5 Agustus (Imbang)

Bhayangkara FC (1) : (1) Madura United

16 Juli (Kalah)

Persipura Jayapura (1) : (0) Madura United

12 Juli (Imbang)

Tira-Persikabo (2) : (2) Madura United

23 Juni (Imbang)

Persib Bandung (1) : (1) Madura United

24 Mei (Menang)

Barito Putera (0) : (1) Madura United

17 Mei (Menang)

Persela Lamongan (1) : (5) Madura United