Dua Tim Melawat Bareng ke Banjarmasin

Maddura United FC - Laga perdana Madura United U18 di kompetisi elite Pro Academy U18 akan dijalani pada 15-16 Juni mendatang melawan tuan rumah Barito Putera U18. Jadwal laga perdana  Madura United U18 tersebut bersamaan dengan jadwal Madura United U16 yang juga dijadwalkan akan menghadapi Barito Putera U16 di hari yang sama.

Praktis, jadwal yang bersamaan dengan lawan yang sama tersebut menjadikan rombongan pemain Madura United Football Academy akan berjumlah dua tim yang harus berangkat ke Banjarmasin.

“Rombongan besar yang akan berangkat besok. Ada sebanyak 58 orang pemain dan ofisial yang harus kami berangkatkan ke Banjarmasin untuk menjalani pertandingan kompetisi U16 dan U18. Ini kewajiban yang harus kami lakukan sebagai peserta kompetisi Liga 1,” ungkap Ziaul Haq, Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu, perusahaan pengelola Madura United FC.

Selain  Tim U16 dan Tim U18, setiap tim peserta Liga 1 juga harus mengikutsertakan tim U20 dalam kompetisi elite pro. Praktis setiap klub diharuskan mengelola sebanyak 4 tim dengan tim senior yang berkompetisi di Liga 1.

Kompetisi U16 dan Kompetisi U18 dilaksanakan dengan sistem home-away. Setiap tim akan menjalani dua pertandingan dalam dua hari beruntun dalam setiap lawatan maupun saat bertindak sebagai tuan rumah.

Namun, ada perbedaan durasi waktu pertandingan untuk  kedua tim tersebut. Tim U16 menjalani pertandingan dengan durasi 30 menit x 2 dan tim U18 menjalani pertandingan dengan durasi 40 menit x 2.

“Kemungkinkan para pemain Madura United U16 dan U18  akan satu hotel di Banjarmasin sana. Ini menjadi hal baru bagi kami karena terdapat dua tim akan menjalani pertandingan bersamaan dengan lawan yang sama,” imbuh Zia, panggilan akrab Ziaul Haq.

Madura United U18 sendiri, sudah menjalani proses latihan pada minggu kedua bulan Ramadan lalu dengan komposisi 100 persen adalah pemain putra daerah Madura sebagaimana tim U16 yang juga 100 persen putra daerah.

Sementara komposisi pemain Tim U18 Madura United adalah ekspemain U16 tahun lalu yang sudah memasuki usia 17 tahun termasuk juga pemain yang bergabung dengan tim U19 musim lalu namun usianya masih 18 tahun.

“Ada beberapa pemain hasil seleksi tertutup. Kemungkinan tambahan proses seleksi untuk menambah pemain adalah putaran kedua, tetapi tetap kami lakukan dengan seleksi tertutup,” pungkas Ziaul Haq.^^^