Reva - Usaha Menembus Batas

Madura United FC - Perjuangan menjadi pesepakbola profesional tentunya tidak mudah, banyak aral atau rintangan yang harus dilalui. Salah satunya ialah keterbatasan ekonomi saat awal-awal meniti karir seperti halnya yang dialami fullback Madura United Reva Adi Utama.

Reva lahir di Makassar, 1 September 1996. Sejak kecil, dia sudah suka bermain sepak bola. Kesukaan itu muncul dengan sejumlah pakaian yang dikenakan sering jersey sepak bola. Sehingga kecintaan tersebut perlahan tumbuh.

Baru saat menginjak usia enam tahun, pemain berusia 26 tahun itu benar-benar menekuni dan berlatih dengan keras. Walaupun, dia mendapatkan tantangan ialah harus bermain ke desa tetangga. Lantaran, di desanya tiada lapangan yang memadai.

"Suka sebak bola sudah dari kecil, tapi saat umur enam tahun baru tekun dan berlatih sepak bola," curhatnya, Selasa (11/10/2022).

Tidak hanya soal itu, saat Reva mulai menekuni sepak bola, dia menemui aral yang berbeda, ialah keterbatasan ekonomi, di mana kesulitan membeli alat-alat yang dibutuhkan. Tapi, dia tetap sabar dan menggunakan alat seadanya.

Kesabaran dan ketekunan itu yang mengantarkan Reva bisa menjadi pesepakbola profesional, serta membela tim-tim besar di Liga 1. Dia sudah pernah berkostum PSM Makassar (tanah kelahiran Reva Adi), Persebaya Surabaya, Barito Putera hingga musim ini berseragam Madura United.

"Keterbatasan ekonomi untuk membeli perlengkapannya di sepak bola. Kalau tantangan dan momen yang tak bisa di lupa yaitu waktu dulu waktu masih di kampung main bola, kami itu kalau mau main bola itu harus pergi dari desa-desa yang lainnya, dan saya sangat menikmati proses itu," ceritanya.***