Tekad Fachruddin dan Ronaldo Menangkan Laga Lawan Filipina

Madura United FC - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U23 perlu meraih poin maksimal pada laga ketiga SEA Games 31 Vietnam 2021. Pada laga tersebut, Tim Garuda Muda akan bentrok dengan Timnas Filipina U23 di Stadion Viet Tri Vietnam, Jumat (13/5/2022) sore.

Timnas Filipina U23 bukan lawan mudah bagi skuad arahan Shin Tae-young itu. Timnas tersebut belum sekalipun menelan kekalahan pada babak penyisihan grup yang baru berjalan dua laga ini.

Bahkan, capaian timnas yang berjuluk The Azkafaiz itu mampu menundukkan Timnas Timor Leste U23 dengan skor telak empat gol tanpa balas. Serta, mampu menahan imbang tim tuan rumah dengan kedudukan sama kuat 0-0. Sehingga, timnas ini mampu mengemas empat poin dan berada di posisi runner-up.

Striker muda Timnas Indonesia U23 Ronaldo Kwateh mengakui. lawan tandingnya memiliki pertahanan yang kuat. Itu terlihat dari suksesnya menjaga keperawanan gawang hingga melalui dua laga.

Tapi, penyerang milik Madura United itu tidak gentar untuk mencoba pecah telor di laga resmi untuk Timnas Indonesia U23. Dia berjanji, akan berusaha menjadi pemain pertama yang membobol gawang Timnas Filipina U23 yang pertama di SEA Games kali ini.

“Jika coach kembali mempercayai saya untuk bermain. Saya akan berikan yang terbaik, saya juga ingin sekali mempersembahkan gol untuk timnas. Saya akan berusaha, walaupun tentu tidak mudah. Pertahanan Filipina kuat,” kata bomber yang berusia 17 tahun itu, Kamis (12/5/2022).

Dua laga terakhir, Ronaldo selalu dipercaya untuk bermain oleh Pelatih Timnas Indonesia U23 Shin Tae-yong. Meski, dia hanya bermain dari bangku cadangan pada babak kedua.

Sedangkan, Kapten Timnas Indonesia U23 Fachruddin W Aryanto berjanji, akan menguatkan pertahanan untuk laga kali ini. Bek asal Klaten itu berpikir, saat Tim garuda Muda bisa clean sheet, setidaknya tidak menelan kekalahan.

Tapi, tekad Fachruddin bukan hal mudah. Apalagi, Timnas Indonesia U23 selalu kebobolan pada dua laga terakhir. Target tersebut akan menjadi tantangan tersendiri bagi pemain belakang yang identik dengan nomor punggung 19 itu.

“Kalau tidak kebobolan berarti tidak kalah, jadi tinggal bagaimana kami bisa memenangkan pertandingan, bukan hanya untuk satu poin,” kata stoper Madura United itu.

Sedangkan, kemenangan bagi Timnas Filipina U23 akan membuat peluang lolos Fachrudin W Aryanto cs menipis. Sebab, hanya bisa merebut posisi runner-up yang akan bersaing dengan Timnas Vietnam U23 (mengemas empat poin) dan Timnas Myanmar U23 (mengemas enam poin).***