Tiga Kelompok Kompetisi Elite Pro Beda Sistem

Bareng UN, Madura United Usul Kick Off Diundur

Madura United FC - Tiga Tim Elite Pro Madura United , yakni Madura United U16, Madura United U18 dan Madura United U20  yang akan berkompetisi Elite Pro  Liga 1  tergabung dalam grup B dengan tim  peserta terdiri dari; Madura United FC,  Persib Bandung, Arema FC, Barito Putera, Bhayangkara FC, dan Persela Lamongan.

Kompetisi Elite Pro Liga 1 U16  sebagaimana rilis jadwal yang   disampaikan oleh PSSI selaku regulator dan operator kompetisi elite menetapkan akan dimulai pada 19  April mendatang. Namun, terhadap jadwal dimulainyakompetisi U16 tersebut, Madura United sebagaimana disapaikan Dirut PT Polana Bola Madura  Bersatu (PT PBMB) Ziaul Haq, masih mengusulkan agar ada penundaan setidaknya selesainya ujian nasional siswa kelas 3 SMP.

“Sebagian pemain kami adalah siswa kelas 3 SMP. Kami harus memperhatikan pendidikan mereka, makanya kami akan meminta agar jadwal pelaksanaan kompetisi diundur setidaknya hingga selesainya ujian nasional,” ungkap Zia, panggilan akrabnya.

Madura United sendiri, sebagaimana rilis jadwal PSSI, akan mulai menjalani pertandingan perdana pada 19 April mendatangmenghadapi tuan rumah Persela Lamongan. Sistem pertandingan yang akan dilaksanakan pada Kompetisi Elite Pro Liga 1 U16 sama dengan sistem pertandingan seperti musim lalu. Yakni, dalam satu kali tandang atau kandang, setiap tim akan menjalani dua kali pertandingan yang dilaksanakan dalam dua hari beruntun.

Dari 18 peserta Liga 1,  mereka dibagi dalam 3 grup dengan masing-masing grup berisi 6 tim.  Total, setiap tim akan menjalani sebanyak 20 pertandingan selama satu musim untuk babak penyisihan grup.

Sistem  full turnamen dengan dua pertandingan beruntun dalam satu hari juga diberlakukan untuk Kompetisi Elite Pro U18. Masing-masing tim akan menjalani pertandingan tandang-kandang dan total akan  menjalani sebayak 20 pertandingan dalam satu musim di  fase penyisihan grup.

Sistem berbeda diberlakukan untuk Kompetisi Elite Pro U20. Meski jumlah grup dalam satu tim sama-sama 6 tim, namun pelaksanaan kompetisi ini akan dilaksanakan dengan home turnamen. Bedanya dari pelaksanaan musim lalu  yang masih dilaksanakan untuk komeptisi elite pro U19,  yakni terdapat 3 kali putaran home turnamen.

Dengan sistem yang  dirilis oleh PSSI tersebut, setiap tim U120 dipastikan akan mendapatkan  jam tanding lebih banyak, total mereka akan menjalani sebanyak 15  pertandingan  selama satu musim di fase grup.***