Madura United Bersiap Menuju Kompetisi Elite Pro

Winedy Purwito Jabat Direktur Teknik Footbal Academy

Kompetisi elite pro yang terdiri dari kompetisi  U16, U18 dan U20 resmi  sudah ditetapkan sebagai agenda tahunan PSSI khusus untuk tim peserta Liga 1.  Madura United yang sudah menjalankan program Madura United Football Academy sejak tahun  lalu sudah berperan serta dalam kompetisi tersebut.

Hingga kini, terdapat sebanyak 76 pemain yang masih tercatat sebagai siswa di Madura United footbal Academy dan mereka direncanakan akan menjalani latihan bersama pada sore ini untuk mulai mempersiapkan keikutsertaan  di Kompetisi   Elite Pro.

PT Polana Bola Madura Bersatu selaku perusahaan yang megelola Madura United  Footbal Academy  menunjuk Winedy Purwito, asisten pelatih Madura United    sejak 2016-2018 sebagai Direktur Teknik Madura United Football Academy. Penunjukan Winedy tersebut juga sebagai pengganti dari Iwan Setiawan yang masa pengabdiannya di Madura United telah usai. 

Kompetisi Elite Pro  U16

Madura United Fc melalui Madura United Football Academy memastikan akan ambil bagian dalam pelaksanaan kompetisi liga 1 U16 yang selanjutnya lebih dikenal dengan Kompetisi elite Pro U16. Kompetisi yang baru bergulir pada tahun 2018 akan menjadi tahun kedua bagi Madura United Fc dalam mengikuti kompetisi ini.

Hingga kini, dari 76 peserta didik Madura United Academy Football, pada tahun 2018 lalu terdapat sebanyak 49 pemain yang  masuk dalam katagori U16. Namun, seiring dengan bertambahnya usia sebagian besar pemain, sebagaimana disampaikan Rahmad Basuki, pelatih kepala Madura United U16 berdasar data usia pemain tersisa sebanyak 22 pemain U16 dari komposisi tahun lalu. Sementara sisanya, sudah mulai memasuki usia 17 tahun.

“Tadi sore sudah melakukan pemetaan bersama-sama denga Direktur Teknik Academi, Direksi PBMB  dan tim pelatih.  Besok (nanti sore) akan mulai menggelar latihan sekaligus pemetaan tim masing-masing kelompok usia,” ungkap Rahmad.

Para siswa yang  secara usia masih bisa didaftarkan untuk mengikuti kompetisi Elite Pro U16  sebagaimana disampaikan Rahmad saat ini tersisa sebanyak 19 pemain. Dari jumlah tersebut, Rahmad mengungkapkan bahwa pihaknya masih  akan membuka kesempatan untuk penambahan pemain U16 sebanyak 6 pemain untuk memenuhi kebutuhan tim.

“Tahun lalu, komposisi tim U16 dibagi dalam dua kelas. Utama dan reguler, untuk tahun ini akan dilebur menjadi satu kelas dan kemungkinan akan membuka satu kelas lagi untuk U15 sebagai persiapan untuk musim depan,” ulas Ziaul Haq, Dirut PT PBMB.

Kompetisi Elite Pro U18

Kompetisi elite Pro U18  pertama kali digelar pada tahun ini oleh PSSI. Rencananya, kompetisi yang diikuti oleh  seluruh tim peserta Liga 1 akan mulai bergulir pada pertengahan Juni mendatang. Guna mengikuti kompetisi ini, Madura United sebagaimana  diuraikan Ziaul Haq, Dirut PT PBMB  akan menggunakan pemain yang sudah terdaftar  sejak tahun lalu di Madura United Fottbal Academy.

Skemanya, imbuh Zia adalah para pemain yang tergabung di tim U16 musim lalu akan dipromosikan pada  tim U18. Hal tersebut, jelas Zia karena pada pelaksanaan kompetisi Elite Pro U16 musim lalu, selain harus menggunakan pemain kelahiran tahun 2002  juga bisa menggunakan  sebanyak 5 pemain U17.

“Komposisinya untuk tim U18 adalah tinggal mempromosikan para pemain di tim U16 musim lalu yang sudah memasuki usia 17 tahun dan juga para pemain yang memang dimainkan di U16  dengan usia 17 tahun musim lalu. Mekanisme ini kemungkinan besar akan berjalan dengan baik dan kami akan berusaha untuk terus konsisten dalam pembinaan ini,” ulas Ziaul Haq.

Kompetisi Elite Pro U20

Musim lalu, kompetisi U20 digelar  untuk katagori U19. Dari para pemain yang tergabung di skuad U19 musim lalu, Madura United juga tinggal mempromosikan para pemain yang sudah bergabung di U19 musim lalu secara langsung.

“Mekanismenya sama dengan tim U18, kami promosikan tim U19 lalu untuk langsung bergabung dalam tim U20. Tetapi, karena ada sebagian pemain  yang sudah pindah klub kemungkinan besar untuk tim  U20 akan terdapat seleksi lagi. Tetapi, jumlahnya tidak banyak nanti menyesuaikan dengan  kebutuhan,” ungkap Ziaul Haq.

Kompetisi U20 sendiri, sebagaiman rilis jadwal dari PSSI baru akan digelar pada pertengahan Juli  mendatang. Sementara dalam waktu dekat ini,  Zia mengungkapkan bahwa pihaknya akan  fokus dalam menyelesaikan komposisi tim U16 yang  sudah akan mulai berkompetisi pada 19 April mendatang.***

Komposisi  pemain Madura United Footbal Academy
Jumlah pemain         76 pemain

U21            5 pemain
U20            24  pemain
U18            8 pemain
U17            20 pemain
U16             19 pemain