Peserta Liga I Harus Miliki 4 Tim

Hari Ini Madura United Akan Tata Tim Pelatih Kelompok Usia

Madura United FC - Persyaratan bagi  peserta Liga 1 musim ini akan mengalami peningkatan jumlah tim yang harus dikembangkan. Jika sebelumnya setiap klub peserta hanya memiliki 3 tim meliputi tim senior, Tim U19 dan Tim U16, pada musim ini setiap klub peserta ketambahan satu tim lagi, yakni tim U18.

Praktis, komposisi  klub peserta Liga 1 musim ini akan terdiri dari Tim senior yang berkompetisi di Liga 1, kemudian Tim U20 yang berkompetisi di Elite Pro U20, Tim U18 yang berkompetisi di Elite Pro 18 dan tim U16 yang berkompetisi di Elite Pro U16.   Perubahan dan penambahan  kelompok usia yang menjadi kewajiban masing-masing klub peserta  Liga 1 sebagaimana disampaikan Ziaul Haq, Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu (PT PBMB) selaku perusahaan pegelola Madura United adalah sebagai pengembangan dari pelaksanaan kompetisi elit pro musim lalu.

“Tim U18 adalah kelanjutan dari pelaksanaan kompetisi U16 tahun lalu, kemudian tim U20 adalah kelanjutan dari kompetisi U19 tahun lalu, sementara untuk tim U16 menjadi cikal bakal dari pelaksanaan kompitisi elite pro selanjutnya. Konsep ini yang kami terima dari PSSI tentang penyelenggaraan  pembinaan kelompok usia di masing-masing  klub peserta Liga 1,” ulas Zia.

Kompetisi  Elit Pro U16, sebagaimana  jadwal yang telah dirilis oleh PSSI, direncanakan akan mulai bergulir pada 19 April mendatang. Sementara untuk elite pro U18 direncanakan akan bergulir sejak 18 Juni, dan elite Pro U20 akan bergulir pada 11 Juli mendatang.

“Kita akan kembangkan dari para pemain yang sudah ada sejak tahun lalu. Kalaupun ada penambahan, mungkin sebatas pada posisi pemain yang dianggap kurang utamanya di U16. Tetapi jika melihat daftar pemain yang ada karena tahun lalu banyak yang masih dibawah 16 tahun, kemungkinan tidak banyak,” imbuh Zia.

Sementara itu, Madura United juga  melakukan perubahan  mendasar dari komposisi tim pelatih Madura United Academy Footbal. Jika sebelumnya Iwan Setiawan yang  bertindak sebagai Direktur Teknik, pada pelaksanaan kompetisi  Elite Pro U16, U18 dan U20 Madura United menunjuk Winedy Purwito sebagai  Direktur  Teknik.

Sejatinya, selain tim U16, Tim U18 dan Tim U20, setiap klub peserta Liga 1 juga    diharuskan mengikuti kompetisi sepakbola Putri.  Namun, secra tekinis pembentukan tim sepakbola putri tersebut diakui Zia saat ini masih dalam penggodokan.***

Apa dan bagaimana Liga 1 musim 2019?

1-    Setiap Tim Peserta Liga 1 harus memiliki 4 tim pada kompetisi 2019 musim ini.

2-    Empat tim tersebut terdiri dari :

a.    Tim senior berkompetisi di Liga 1
b.    Tim U20 berkompetisi di Liga 1 U20
c.    Tim U18 berkompetisi di Elite Pro U18
d.    Tim U16 berkompetisi di Elite Pro U16

3-    Jumlah minimal masing-masing tim sebanyak 18 pemain dan maksimal 30 pemain
4-    Jadwal Pelaksanaan Kompetisi masing-masing tim akan kick off dalam waktu berbeda

a.    Liga 1 2019 dijadwalkan akan Kick Off 8 Mei
b.    Liga 1 U20 dijadwalkan akan kick off  11 Juli
c.    Liga 1 Elite Pro U18 dijadwalkan akan kick 15 Juni
d.    Liga 1 Elite Pro U16  dijadwalkan akan Kick off 19 April.