RD; Soal Rotasi Belum Pasti

Madura United FC - Madura United tengah fokus bersiap menatap pekan keempat BRI Liga 1 2021. Sebab, tim yang baru berusia lima tahun ini akan berhadapan dengan tim kuat PSS Sleman, Sabtu (25/9/2021). Ditambah lagi, tengah mengusung misi bangkit dari keterpurukan.

Manajer Madura United Rahmad Darmawan belum memastikan akan merotasi pemain dalam laga akhir pekan ini. Dia masih butuh memantau perkembangan pemain dalam simulasi pertandingan di sesi latihan sebanyak dua kali. Baru setelah itu, dia bisa menganalisa kebutuhan tim dan dibandingkan dengan kekuatan lawan tandingnya.

“Soal rotasi belum pasti, akan tetap dengan laga sebelumnya, atau ada sedikit perubahan. Karena, kami masih mensimulasikan pertandingan lawan (PSS) Sleman. Lihat saja nanti,” ucap juru taktik berusia 54 tahun itu, Selasa (21/9/2021).

Diketahui, Madura United selalu merotasi pemain di setiap pertandingan. Perubahan dari laga pertama lawan Persikabo 1973 ke PSM Makassar ialah, Ronaldo Kwateh (Bayu Gatra Sanggiawan), Asep Berlian (Kim Jin-sung), Alfin Tuasalamony (Andik Rendika Rama), Silvio Escobar (Slamet Nurcahyo), dan Novan Sasongko (Dodi Alek Vandjin).

Berbeda dengan pekan ketiga lawan Bhayangkara FC yang tidak terlalu banyak rotasi pemain. Perubahannya hanya memasukkan Escobar sebagai starter untuk menggantikan posisi Bayu dan Novan menempati posisi Rendika Rama.

Mantan Pelatih Persikabo 1973 itu menjelaskan, sejatinya rotasi biasanya dilakukan melihat perkembangan pemain dalam latihan, serta disesuaikan dengan kebutuhan tim untuk menghadapi lawan tandingnya.

Ditambahkan RD, rotasi tersebut bisa dijadikan strategi membuyarkan lawan yang sudah memprediksi starting eleven dari Madura United dan sejumlah pemain yang deberikan atensi khusus.***