Mula Karir Samuel Sampai Naik Ke Profesional

Madura United FC - Mengawali karir sepakbola dari ajang yang terendah seperti turnamen tingkat rumah tangga (RT), tidak menjadi alasan untuk mengubur mimpi mencapai posisi pemain profesional. Awal karir itu layaknya yang dialami fullback lokal Madura United Samuel Christianson Simanjuntak.

Samuel pertama kali terlihat bakatnya saat ikut turnamen tingkat RT di kampung, tepatnya ketika duduk bangku sekolah dasar (SD). Alhasil, orang tuanya memasukkan ke Jakarta Football Academy (JFA). 

Kemampuannya mengolah si kulit bundar menunjukkan progres yang signifikan. Dia pun mencoba ikut seleksi Tim Nasional (Timnas) Indonesia U19 saat duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP), namun gagal.

Bagusnya, Samuel tidak patah semangat. Dia pun terus berusaha untuk menggapai mimpinya menjadi pesepakbola profesional. Salah satu langkahnya Royal European Football Academy (REFA) Valencia, Spanyol. 

“Tantangan terberat itu saat belajar sepakbola di Spanyol. Masih SMP tapi sudah jauh dengan orang tua demi mengejar impian. Tapi, itulah perjuangan,” ceritanya, Selasa (14/9/2021).

Sepulang dari belajar di Spanyol itu, mantan fullback PSS Sleman ini sering menghiasi komposisi Timnas Indonesia junior. Bahkan, dia dilibatkan di aneka macam ajang hingga sukses mempersembahkan gelar juara untuk Timnas Indonesia U19.

Klub profesional di Indonesia yang telah dibelanya sebelum berlabuh ke Madura United di musim 2020, dia sudah pernah berkostum Sriwijaya FC dan PSS Sleman.

Saat ini, Samuel tengah berada di Jakarta bersama dengan Slamet Nurcahyo dan kawan-kawan untuk mengarungi BRI Liga 1 2021 yang baru berjalan selama dua pekan.

“Sekarang saya berada di klub profesional dan jadi pemain profesional. Saya berharap, semangat seperti yang saya miliki juga ada di setiap talenta muda sekarang yang masih berjuang meniti karir dari bawah,” tandasnya.***