Melirik Perjalanan Kadek Sampai Jadi Pemain Profesional

Madura United FC - Tiada yang instan untuk menuju puncak kesuksesan sebagai pesepakbola profesional. Ditambah lagi bisa berkostum Tim Nasional (Timnas) Indonesia untuk membanggakan negeri ini, seperti halnya Stoper muda Madura United Kadek Raditya Maheswara.

Kadek bergabung dengan Madura United sejak musim 2019 atau saat usianya belum genap 20 tahun. Dia memang tidak bisa bersaing langsung dengan deretan bek berpengalaman milik tim berjuluk Laskar Sape Kerrab, seperti Jaimerson Xavier, Fachrudin W Aryanto, Fandry Imbiri, dan yang lainnya.

Namun pada putaran kedua, stoper asal Pulau Bali itu sering diturunkan dan bisa gonta-ganti partner di lini pertahanan Madura United. Dia pernah berduet dengan Jaime dan Ante Bakmaz hingga dia catatkan tujuh kali pertandingan di Liga 1 2019. 

Hingga musim 2021, Kadek tetap bertahan di tim yang berbasis di Pulau Garam ini. Dia juga terdaftar sebagai komposisi Madura United di operator BRI Liga 1 2021, ialah PT. Liga Indonesia Baru (LIB) bersama 29 pemain lainnya.

Rekam jejak bek berusia 22 tahun ini cukup gemilang. Dia tidak hanya membela tim besar di kancah persepakbolaan Indonesia seperti Madura United. Melainkan, dia juga pernah membawa Timnas Indonesia U-19 menjadi juara di ajang Piala AFF 2018. 

Namun tidak banyak pecinta sepakbola Nasional tahu, mantan stoper Persiba Balikpapan ini mulai mencintai sepakbola dari teman bermainnya. Dia sering bermain bola hanya di gang dekat rumahnya Denpasar, Bali.

Lalu, orang tuanya memasukkan ke sekolah sepak bola (SSB) lantaran dirinya sering main game online.

“Berawal dari main di gang, lalu dimasukkan SSB, saya bisa menjadi pemain profesional. Berkesempatan membela Timnas Indonesia dan sekarang berada di klub besar Madura United,” ungkapnya, Senin (13/9/2021).

Di samping itu, kadek menyerukan kepada talenta muda yang saat ini masih bermain tanpa sepatu atau masih bermain menggunakan bola plastik, untuk tidak berhenti bermimpi. Justru, dia meminta agar terus memupuk semangat hingga cita-citanya tercapai seperti dirinya.***