Alekvan - Dari Sepakbola Kampung Sampai Masuk Timnas

Madura United FC -  Alekvan Djin atau yang akrab disapa Alex merupakan salah satu pemain Tim Nasional Indonesia U23 yang saat ini sedang membela Madura United.

Sementara itu, sepak bola bukanlah olahraga populer di kampungnya. Ia lebih sering berlatih sendiri dan otodidak belajar sepak bola. Pada tahun 2016, bakat dan kemapuannya yang cemerlang membawanya masuk ke Persiter Ternate.

Ia sendiri lahir di Halmahera Barat, Maluku Utara, 31 Desember 1998 dari pasangan Yance Djin dan Indertiu Mayu. Halmahera Barat menjadi tempat tinggalnya dengan daerahnya adalah pegunungan.

Untuk berangkat sekolah pun Dodi Alexvan harus ditempuh dengan jalan kaki, dia naik turun bukit dan tempaan fisik itulah yang bisa memberi manfaat penting bagi karirnya dalam dunia sepak bola.

Setelah dari Persiter Ternate, ia pindah ke Persema Malang pada tahun 2017. Setelah itu memperkuat Peseket Kabupaten Tegal di Liga 3. Setelah bersama klub asal Pantura tersebut, ia diajak rekannya Risna Prahalabenta untuk mengikuti seleksi di Persik Kediri.

Penampilannya yang gemilang membuatnya direkrut menjadi pemain bertahan tim yang berjuluk Macan Putih itu. Di sana, ia berduet dengan Risna Prahala Benta, dan membawa Persik Kediri juara Liga 2 2019.

Pada tahun yang sama, pemain yang akrab disapa Alex ini di panggil Tim Nasional Indonesia U23 besutan Coach Indra Sjafri. Ia mengikuti pemusatan latihan dan laga uji coba. Kemudian, ia resmi menjadi bagian dari Timnas U23 yang berlaga di SEA Games 2019 di Filipina.

Awal Tahun 2020, ia direkrut Madura United. Namun ketika ia bergabung dengan klub yang berjuluk Laskar Sape Kerrab ini Liga 1 tidak bergulir karena pandemi.

Sementara itu, saat ini ia sedang menjalani tahap pemulihan cederanya. Ia mengalami cedera ACL saat jatuh latihan di Bangkalan beberapa bulan yang lalu. Selama libur, ia terus menggelar latihan mandiri untuk terus menjalani tahap pemulihan.***