Bukti Kesetiaan dan Dedikasi

Madura United Jarang Bongkar Pasang Pemain Lokal

Mengarungi kompetisi 2018, Madura United tidak banyak melakukan perekrutan pemain lokal. Sebagian besar pemain lokal, adalah pemain yang sudah menjadi bagian dari Madura United sejak musim sebelumnya. Baik musim 2016 maupun 2017. Bahkan, jika merunut dari proses rekruetmen komposisi pemain lokal hampir tidak ada perombakan daripada musim sebelumnya.

Berikut rangkuman perjalanan Madura United selama musim 2018:

Bongkar pasang pemain di tim peserta Kompetisi Liga 1 Indonesia, adalah hal yang lumrah. Sebab, itu absah di dunia profesionalisme sepakbola. Bagi Madura United, untuk bongkar pasang pemain, sejatinya hampir tidak dilakukan perombakan besar, utamanya untuk komposisi pemain lokal. Terdapat 7 pemain lokal yang sudah bersama Madura United sejak tahun 2016.

Jumlah tersebut tergolong besar untuk satu tim. Karena, sejatinya selain 7 pemain yang sudah bersama Madura United sejak tahun 2016, juga terdapat 5 pemain yang sudah bersama Madura United sejak tahun 2017 lalu. Praktis, di musim kompetisi 2018 ini, skuad Madura United untuk komposisi pemain lokal tidak mengalami perubahan besar.

Pendatang baru di skuad Madura United di musim 2018 hanya terdapat 6 pemain saja, yakni Benny Wahyudi, Satria Tama, Alfath Fathir, Irsan Lestaluhu, Imam Bagus Kurnia dan Lucky Wahyu. Para pendatang baru tersebut, khusus untuk Alfath Fathir, Irsan Lestaluhu dan Imam Bagus Kurnia adalah pemain yang direkrut untuk memenuhi persyaratan 5 pemain U22.

Selain 6 pemain tersebut, Madura United juga menambah satu pemain lokal untuk posisi belakang, Junda Irawan. Pemain asal Malang tersebut bergabung dengan Madura United seiring dengan dipanggilnya Rifad Marasambessy ke Timnas Indonesia U19 dalam waktu lama. Sementara para pemain yang biasa berposisi di wing bek, sebagian dalam kondisi cedera dan sudah mulai terjerat dengan hukuman akumulasi kartu.

Proses bongkar pasang pemain lokal Madura United musim ini, hanya terjadi pada posisi penjaga gawang. Angga Saputra yang berstatus sebagai Anggota TNI ditarik ke PS Tira dan Madura United mendapatkan pengganti Ravi Murdiyanto. Praktis, selama putaran kedua musim 2018 hanya terdapat dua pemain lokal yang masuk dalam skuad Madura United.

“Madura United menjadi tim yang sangat saya cintai. Sulit bagi saya untuk berbagi hati selama 3 tahun bersama tim ini,” ucap Slamet Nurcahyo, pemain lokal yang paling sering mendapatkan tempat dalam setiap pertandingan Madura United.

Jika merunut dari proses pembentukan tim di tahun 2016, tepatnya sebelum Madura United terjun di ajang kejuaraan Piala Gubernur Kaltim edisi pertama 2016 lalu, Engelberd Sani, Slamet, Herry Prasetyo dan Munhar adalah empat pemain yang bergabung dengan Madura United sejak hari pertama pembentukan tim.

Asep Berlian, meski bergabung dengan Madura United sebelum pelaksanaan PGK 2016, baru bergabung dengan Madura United setelah skuad bergabung di Batu guna menjalani pemusatan latihan. Sementara Bayu Gatra dan Guntur Ariyadi, keduanya bergabung dalam skuad Madura United setelah pelaksanaan PGK 2016. Pada saat pelaksanaan PGK, Bayu masih tercatat sebagai bagian dari skuad Sriwijaya Fc dan Guntur Ariyadi masih berstatus sebagai pemain Barito Putra.

“Saya faham dan mengetahui dedikasi para pemain yang sudah lama bergabung dalam tim Madura United. Catatan karier mereka bersama kami di Madura United adalah catatan yang sulit bagi kami untuk diabaikan,” ulas Presiden Klub Madura United, Achsanul Qosasi. (bersambung)

Pemain Lokal Madura United yang masuk sejak tahun 2016
Slamet Nurcahyo, Munhar, Bayu Gatra, Herry Prasetyo, Guntur Ariyadi, Engelberd Sani dan Asep Berlian, Angga Saputra (dilego ke PS Tira dengan Ravi Murdiyanto)

Pemain Lokal Madura United yang masuk sejak tahun 2017
Fachruddin W Aryanto, Rifad Marasambessy, Andik Rendika Rama, Rizky Dwi Febriyanto, Tanjung Sugiarto

Pemain Lokal Madura United yang masuk sejak tahun 2018
Satria Tama, Benny Wahyudi, Alfath Fathir, Irsan Lestaluhu, Imam Bagus Kurnia, Lucky Wahyu

Paruh Musim 2018
Junda Irawan, Ravi Murdiyanto (Lego Angga Saputra dari ke PS Tira)