Babak 32 Besar Hadapi Cilegon United

Madura United FC - Calon lawan Madura United di Babak 32 besar Piala Indonesia dipastikan akan menghadapi Cilegon United. Itu terjadi, setelah dalam drawing babak 32 besar yang digelar di salah satu hotel di Jakarta, Selasa (8/1) kemarin.

Bagi kedua tim, pertemuan keduanya akan menjadi pertemuan perdana di pentas sepakbola nasional dalam semua even. Itu bisa dimaklumi, karena baik Madura United maupun Cilegon United berbeda kasta.

Kendati berbeda kasta dan belum pernah bersua dalam satu pertandingan, Asep Berlian salah satu pemain Madura United langsung menegaskan bahwa pernah bertanding ataupun belum, bukan jadi tolok ukur dalam setiap pertandingan.

“Ketemu atau belum bukan jadi ukuran menang kalah. Yang menjadi ukuran itu, siap atau tidak nanti, itu yang akan lolos 16 besar,” jelas Asep Berlian kemarin sore kala dihubungi.

Sebelumnya, Madura United berhasil melaju ke babak 32 besar setelah di babak 64 besar berhasil mengalahkan Madura FC yang berstatus peserta Liga 2 dengan skor 4-1. Terlepas dari status calon lawan sebagai peserta Liga 2, dalam perjalanan Piala Indonesia, Madura United sempat mengalami tekanan besar saat menghadapi Persebo Bojonegoro di babak pertama Piala Indonesia. Kala itu, Madura United harus memastikan kemenangan melalui drama adu penalti.

“Kapan pun pertandingan akan digelar, harus dalam kondisi siap untuk menjalani pertandingan melawan Cilegon United nantinya,” ucap Asep.

Di babak 32 besar, system pertandingan tetap akan dilaksanakan dengan system gugur. Namun, bedanya dari system pertandingan sebelumnya, pertandingan babak 32 besar akan digelar dengan system home-away. Penentuan tim yang lolos ditentukan melalui hasil pertandingan head to head.

Kendati demikian, Guntur Ariyadi yang bermain sebagai starter pada pertandingan itu, meminta tetap waspada meski melawan tim dari kasta yang berbeda. Agar, kejadian di laga debutan Piala Indonesia tidak terulang kembali.

“Harus dipandang serius semua. Setiap tim memiliki kesempatan untuk lolos. Begitu juga dngan mereka yang akan berjuang mati-matian nanti lawan kami. Motivasinya akan berlipat ganda,” ujar pemilik nomer punggung 2 itu.

Babak ini sudah dijadwalkan, akan dihelat pada 22 Januari sampai 6 Februari. Sedangkan fase selanjutnya babak 16 besar akan dijadwalkan akan digelar mulai 11 Februari 19 Februari. Untuk babak 8 besar akan digelar pada 24 Februari sampai 2 Maret. Sementara untuk babak Semi Finaldijadwalkan akan digelar pada 7 dan 12 Maret untuk kemudian dipungkasi dengan pertandingan puncak pada 17 dan 24 Maret.***