a
Alfath Tak Canggung Jadi Penyerang Sayap
08/06/2018
Sumber : Petugas Media

Madura United FC mampu melewati ujian krisis penyerang sayap kala bersua PS. Tira di Stadion Gelora Ratu Pamellingan (SGRP) Pamekasan, Jumat (03/08) malam. Pasalnya, dua bomber yang lima pertandingan terakhir jadi andalan tengah akumulasi kartu kuning, ialah Bayu Gatra Sanggiawan dan Engelberd Sani.

Kala itu, pelatih kepala, Gomes de Oliviera memilih Alfath Fathier sebagai penggantinya dan Milad Zeneyedpour di sayap kanan. Sejatinya, pemain yang baru berusia 22 tahun itu terbiasa beroperasi sebagai bek sayap.

Alfath di Liga 1 2018 bersama Madura United FC, telah bermain sebanyak 15 kali hingga pekan ke-19. 14 laganya, ia turun sebagai bek sayap.

Pemilik nomer punggung 86 itu juga turun sebagai bek sayap saat launching Piala Indonesia 2018. Waktu itu, Laskar Sape Kerrab jinakkan Persebo Bojonegoro di markasnya sendiri via adu penalti.

Sedangkan, eks bomber Persiba Balikpapan menjadi pemain sayap hanya sekali kala menjamu The Army. Tapi, ia sukses mengantarkan timnya meraih kemenangan dengan skor 3-1.

Menurutnya, bermain sebagai sayap tidak nauh bedah dengan menjadi bek sayap. Sebab, ia menuturkan kedua posisi tersebut memiliki tugas yang sama, ialah membantu pertahanan dan penyerangan.

"Bedanya hanya kalau sayap lebih fokus menyerang dan dibantu oleh bek sayap. Sayap atau bek sayap sama-sama bertahan dan menyerang di bagian pinggir," ulas Alfath.

Alhasil, pemain yang pendiam itu sukses menjalankan perannya. Ia mampu membantu serangan dan menciotakan peluang via kolaborasi dengan Greg Nwokolo yang di plot sebagai target man sebelum Mamadou Samassa masuk.

Dari tiga gol yang bersarang, Alfath mampu menyumbangkan satu assist atas gol kedua Slamet Nurcahyo pada menit ke-82'. Gol tersebut terbilang penting lantaran memberikan rasa aman bagi tuan rumah dengan selisih dua gol.

Sebelumnya, ia sudah pernah membukukan satu assist atas Raphael Maitimo. Waktu itu, klub kebanggaan warga pulau Garam menghantam PS. Barito Putera di pekan pertama.

"Saya hanya berfikir bantu tim. Semoga terus dipercaya dan akan memberikan yang terbaik, baik sebavai bek ataupun sayap," pungkasnya.