Madura United Paling Sering Tanpa Pemain Asing

Thiago Furtuoso (20), salah satu pemain asing, yang di pertandingan terakhir musim ini, yakni lawan PSM Makassar sempat menyumbang satu gol bagi Madura United. | maduraunitedfc.com/HENDRA

Thursday, 16/11,2017

PERJALANAN Madura United di kompetisi musim ini berjalan dengan penuh liku. Banyak catatan menarik dari perjalanan Fabiano Beltrame dan kawan-kawan. Puncaknya, Madura United finish di peringkat 5 klasemen akhir kompetisi Liga 1. Hasil tersebut, sebagaimana disampaikan Manajer Madura United, Haruna Soemitro, dari sisi target posisi memang kurang baik.

Namun, dari sisi progres kemenangan dan gol, Madura United  tidak gagal. Mengingat jalannya kompetisi yang mengalami dinamika berbeda daripada pelaksanaan ISC tahun lalu. Di antaranya, adalah soal peraturan pemain U22 yang kemudian ditangguhkan dan akhirnya tidak dijalankan kembali hingga sebagian besar pertandingan Madura United seringkali kehilangan pemain asingnya.

“Dinamika kompetisi tahun ini sangat menarik dan menegangkan. Seluruh pertandingan selalu berjalan dengan sangat dan setiap pekan selalu ada hal yang baru di klasemen. Tidak banyak tim yang bertahan di puncak klasemen bahkan, penentuan klasemen juga sampai ditentukan di akhir kompetisi,” ungkap Haruna.

Setiap tim, imbuh Haruna juga mengalami  dinamika internal yang berbeda dalam mengikuti kompetisi musim ini.  Utamanya, dalam partisipasi pemain asingnya dalam setiap pertandingan.

“Dari 18 tim peserta Liga 1, hampir semuanya mengalami dinamika berbeda dengan pemain asingnya. Itu bisa dimaklumi, karena keberadaan pemain asing, ada ekspektasi besar yang diharapkan mampu mengangkat performa tim,” ulas Haruna.

Madura United sendiri, dalam hal pemain asing utamanya asing non Asia, terdapat satu slot selalu mengalami perubahan selain satu slot yang ditempati Fabiano Beltrame. Slot tersebut, pada awalnya sempat diproyeksikan untuk ditempati Luiz Junior Carlos. Sayangnya, saat masih diujicoba dalam turnamen Piala Presiden, Junior kurang mampu menunjukkan performanya bersama Madura United hingga akhirnya manajemen memutuskan untuk menggantinya dengan Redouane Zerzouri.

Setali tiga uang dengan Luiz Junior, Redouane yang berposisi sebagai gelandang juga kurang berkembang permainannya dengan Madura United, hingga akhirnya Manajemen  menggantinya dengan Boubacar Sanogo, pemain yang pernah memperkuat Werder Bremen di Liga Jerman.

Sayangnya, Sanogo juga kurang beruntung bersama Madura United.  Perannya juga kurang maksimal hingga puncaknya posisinya diistirahatkan sebelum putaran pertama selesai.  Untuk mencari pengganti Sanogo, Madura United melakukan seleksi terhadap tiga pemain yang pada akhirnya memilih satu nama, Khairullah Abdelkbir. Sayangnya, proses pendaftaran yang sedikit rumit, menjadikan manajemen akhirnya memutuskan memilih Thiago Fortouso untuk slot tersebut.

Tanpa Pemain Asia

Soal jalan panjang pemain asing untuk mengisi satu slot tersebut, baru catatan kecil dari perjalanan Madura United musim ini. Meskipun slot pemain sudah terisi, semisal posisi Marquee Player, nyatanya, Madura United selama satu musim ini tidak diperkuat pemain Marquee Playernya selama 11 pertandingan. 8 pertandingan di antaranya tidak diperkuat secara beruntun. Praktis, selama satu musim ini, Peter Odimwingie, Marquee Player Madura United hanya bermain untuk timnya sebanyak 23 pertandingan 2 di antaranya bermain paruh babak.

Absennya pemain dalam pertandingan, sejatinya  adalah hal lumrah mengingat setiap pemain pasti mengalami masa hukuman akumulasi kartu kuning, kartu merah atau cedera. Namun, jika menilik jumlah pertandingan tanpa kehadira pemain asing Asia justru akan  lebih banyak.

Meski terdapat dua pemain asing Asia yang sempat tercatat sebagai bagian dari skuad Madura United musim ini, yakni Dane Milovonavic yang  sempat istirahat untuk menjalani perawatan untuk kemudian digantikan Cameron Watson dan pada akhirnya kembali merekrut Dane Milovanovic, nyatanya, Madura United dari 34 pertandingan liga 1, terdapat sebanyak 17 pertandingan tanpa pemain asing Asia. Atau, hanya terdapat sebanyak 17 pertandingan saja yang diperkuat pemain asing Asia. ***

 

maduraunitedfc.com/Media Officer

SILAKAN TULIS KOMENTAR ANDA

Your email address will not be published. Required fields are marked *


NEWS FEED

Dokter Tim dan Psikoterapis Harus Ikuti Workshop LIB

Friday, 15/12,2017

RANGKAIAN persiapan melaksanakan Kompetisi Liga 1 musim depan masih akan terus berlanjut pada penguatan kapasitas tim  teknis pelaksana teknis. Setelah Local Media Officer dan Local Generator menjalani workshop untuk menggelar pertandingan  Liga, Liga Inndonesia Baru (LIB) juga akan meningkatkan … >>

Siapa yang Akan Dipilih Madura United Menemani Greg Nwokolo?

Friday, 15/12,2017

SELAIN terdapat Greg Nwokolo sebagai pemain yang berstatus sebagai naturalisasi, Madura United pada awal pembentukan tim, menyampaikan jika memiliki minat untuk menambah pemain  naturalisasi di  kompetisi musim depan.

Terhadap hal tersebut, Manajer Madura United, Haruna Somitro menyampaikan bahwa pihaknya dalam … >>

Sinkronisasikan, Madura United Tak Ingin Tukar Jadwal pada Kompetisi Musim Depan

Thursday, 14/12,2017

MESKI masih dalam tahap rencana bahwa Kompetisi Liga 1 akan dimulai pada 24 Februari musim depan, Madura United menaruh perhatian serius terhadap proses penetapan jadwal pertandingan di musim mendatang. Salah satunya, sebagaimana disampaikan Manajer Madura United,  adanya sinkronisasi jadwal masing-masing … >>

Latihan Perdana Minggu Sore Difokuskan pada Pemulihan Fisik

Thursday, 14/12,2017

MADURA UNITED direncanakan akan menjalani latihan perdana pada Minggu (17/12) sore mendatang. Sesi latihan tersebut, sebagaimana disampaikan Winedy Purwito, salah satu asisten pelatih Madura United masih akan difokuskan pada pemulihan kondisi fisik pemain setelah menjalani libur panjang. “Sementara, sesi latihan … >>

Program Madura Memanggil Juga untuk Eks Pemain Madura United U-19

Wednesday, 13/12,2017

PROGRAM Madura Memanggil sudah memastikan mendapatkan pemain berpengalaman untuk langsung berbaju Madura United. Namun, Program Madura Memanggil tersebut bukan hanya akan diperuntukkan untuk pemain yang sudah berpengalaman. Madura United, sebagaimana disampaikan Presiden Klub Madura United juga akan memberikan kesempatan kepada … >>

Pemain yang Diperpanjang Kontraknya Wajib Masuk Mess 17 Desember

Wednesday, 13/12,2017

SETELAH sempat dilakukan reschedule latihan pemain, Madura United dipastikan akan menggelar latihan perdana pada Senin, 18 Desember mendatang. Sebab, para pemain yang sudah resmi diperpanjang kontraknya bersama Madura United, oleh Manajer Madura United diminta untuk masuk mess pemain pada Minggu  … >>

‘Profit Sharing’ Hak Siar Harus Jelas

Tuesday, 12/12,2017

MESKI Liga Indonesia Baru (LIB) sudah mulai melaksanakan serangkaian persiapan untuk kompetisi musim depan,  dengan menggelar Workshop LGC dan LMO, nyatanya, sejumlah klub peserta Kompetisi Liga 1 musim lalu, masih menunggu pelunasan hak komersil berupa profit sharing komersil dari operator … >>

Kompetisi 2018 :
Kick Off 24 Februari

Tuesday, 12/12,2017

MESKI kongres tahunan PSSI masih belum dilakukan, utamanya guna melaksanakan pembahasan tentang pelaksanaan kompetisi musim depan, PT Liga Indonesia Baru (Lib) selaku operator kompetisi Liga 1 menyampaikan bahwa kompetisi akan  mulai diputar pada 24 Februari mendatang.

Rencana Kick Off tersebut, … >>