Minggu, 17 Desember 2017

Waspadai Penentuan Klasemen Berdasarkan Sistem ‘Head To Head’

PENENTUAN klasemen akhir dengan sistem head to head, bisa menjadikan jebakan bagi setiap klub. Salah satunya, adalah penentuan posisi juara paruh musim lalu. Bali United yang secara produktivitas gol lebih unggul atas Madura United, sempat mengklaim posisi sebagai pemuncak klasemen. Itu terjadi, karena Bali United masih menjalani satu kali pertandingan melawan Madura United.

Namu, atas peraturan tersebut, Website FIFA menempatkan Madura United sebagai pemuncak klasemen berdasar aturan head to head tersebut. Madura United yang pada awal kompetisi menargetkan posisi tiga besar klasemen akhir dan kemudian mengubah menjadi target juara, harus mewaspadai penghitungan head to head tersebut.

Utamanya, kala  menghadapi Bali United mendatang. “Kita harus berupaya mendapatkan poin dari Bali United nanti. Kita harus melakukan persiapan dengan sangat baik dan harus memaksimalkan masa recovery yang lebih banyak untuk mencapai target bisa dapatkan poin,” ungkapGomes Oliviera, pelatih kepala Madura United.

Pada pertandingan pertama, Madura United yang bertindak sebagai tuan rumah, dapat memenangkan pertandingan dengan skor 2-0. Hasil tersebut memang menjadi modal berharga jika di kemudian hari poin Madura United dengan Bali United sama.  Namun, untuk memastikan bahwa tim berjuluk Laskar Sape Kerrab unggul secara head to head atas Bali United, setidaknya pada pertandingan tanggal 13 Agustus nanti, Madura United harus mampu minimal menahan imbang Bali United.

“Kita tidak ingin posisi klasemen ditentukan karena head to head. Jika memang memungkinkan unggul karena poin, harus dimaksimalkan peluang itu,” imbuh Gomes.

Satu-satunya tim yang sudah menjalani dua pertandingan dengan Madura United, adalah Persela Lamongan. Pada pertemuan pertama lalu, Madura United kalah dengan skor 2-0 kala Madura United melawat ke Stadion Surajaya Lamongan. Sementara pada pertandingan kedua di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Madura United menang dengan skor 2-1.

Jika di akhir kompetisi nanti  poin antara Madura United  dengan Persela Lamongan sama, maka praktis Persela diuntungkan dengan  sistem head to head. Sebab, Persela unggul dalam jumlah mencetak gol ke gawang Madura United.   ***

 

maduraunitedfc.com

 


Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*


© 2017 Madura United FC
Switch to desktop version