AWALNYA TERTATIH-TATIH

Jungkir Balik
Separuh Perjalanan
Madura United…

Madura United terlihat mulai menunjukkan trend bangkit setelah menang 1-0 atas Persija Jakarta. Namun, titik bangkit tersebut seakan belum bisa pemantik karena pada pertandingan kandang selanjutnya kala menjamu Perseru Serui, Madura United kembali hanya bisa bermain imbang 1-1 atas Perseru Serui. | maduraunitedfc.com/HENDRA

Monday, 31/07,2017

SEPARUH perjalanan Kompetisi Liga 1 Go-Jek Traveloka sudah dijalani skuad Madura United. Dari 34 pertandingan selama pelaksanaan Liga 1, Madura United sudah menyelesaikan sebanyak 17 pertandingan. Hasilnya, 9  kemenangan, 3 kali imbang dan 5 kali kalah menjadikan Fabiano dan kawan-kawan menjadi tim yang memiliki simpanan 31 poin — paling banyak dari 18 tim sebelum mengarungi putaran kedua.

Sejatinya, raihan poin Madura United tersebut jauh dari target yang dicanangkan Manajemen selama putaran pertama.  Mengingat, target sesungguhnya di putaran pertama adalah mampu mengumpulkan paling sedikitnya 40 poin.  Target yang dipasang di awal musim tersebut, secara matematis sebenarnya hampir dicapai andai pada pertandingan kandang tidak kehilangan 4 poin setelah ditahan imbang Perseru Serui dan Mitra Kukar.

Belum lagi, pertandingan tandang yang sempat menggenggam asa bisa mendapatkan poin penuh atau menjadi lumbung tambahan poin , gagal  dipertahankan hingga akhir pertandingan. Yakni, kala menghadapi Bhayangkara FC dan Barito Putera. Dua pertandingan tersebut adalah pertandingan yang sempat dimenangkan Madura United di awal  pertandingan namun justru hasil akhirnya berbalik cepat. Madura United sempat memimpin 1-0 atas Bhayangkara namun kemudian berbalik mejadi kalah 2-1. Demikian juga Madura United sempat memimpin 2-1 atas Barito Putera namun kemudian  berhasil dimbangi dengan hasil akhir 2-2.

Keberhasilan Madura United mentas sebagai peraih poin terbanyak di putaran pertama patut disyukuri. Tetapi, sebagaimana disampaikan  Presiden Madura United, Achsanul Qosasi, perjalanan masih panjang dan harus melakukan persiapan lebih matang lagi.

“Silakan nikmati dulu euphoria sebagai juara paruh musim. Tetapi jangan sampai berlarut-larut, karena kompetisi masih akan berlanjut dan Madura United butuh pengawalan hingga akhir musim,”  ucap AQ, kerap disapa.

Putaran kedua memang akan segera berlangsung. Tak ada waktu libur bagi para pemain Madura United guna hadapi kompetisi selanjutnya. Tanggal 4 Agustus mendatang, Madura United sudah harus berjibaku kembali di lapangan pertandingan. Lawan pertama yang akan dihadapi, Persela Lamongan. Tim yang menyungkurkan Madura United dengan skor 2-0 di April lalu di Lamongan.

Usai menghadapi Persela, Madura United akan melanjutkan dua kali lawatan ke kandang Bali United dan Mitra Kukar. Dua pertandingan tersebut juga akan sangat menguras energi skuad Madura United.

“Semua pertandingan masih akan sama-sama berat. Jika tahun lalu pekan 26 sudah bisa diketahui tim mana saja yang ada di papan atas, untuk tahun ini mungkin sampai pekan 30 baru akan diketahui. Harus tetap bekerja keras untuk pertandingan-pertandingan berikutnya,” ucap Gomes Oliviera, head coach Madura United.

***

Sejatinya, Madura United mengawali kompetisi dengan tertatih-tatih. Meski sempat mengawali pertandingan dengan kemenangan atas Bali United dengan skor 2-0, Madura United pada pertandingan selanjutnya harus berjibaku dengan banyak tekanan. Kalah dengan skor 2-0 atas  Persela Lamongan, kemudian ditahan imbang 2-2  Mitra Kukar.

Madura United terlihat mulai menunjukkan trend bangkit setelah menang 1-0 atas Persija Jakarta. Namun, titik bangkit tersebut seakan belum bisa pemantik karena pada pertandingan kandang selanjutnya kala menjamu Perseru Serui,  Madura United kembali hanya bisa bermain imbang 1-1 atas Perseru Serui.

Bukti bahwa Madura United memilikii skuad yang siap tarung ditunjukkan pada pertandingan menghadapi tuan rumah Arema FC. Meski hanya berhasil bermain imbang 1-1 pada pertandingan tersebut, Fabiano dan kawan-kawan mulai menunjukkan rasa percaya dirinya. Pasca pertandingan tersebut, Madura United  terus menunjukkan performa terbaiknya. Puncaknya adalah menang 6-0 atas Semen  Padang.  Setelah sebelumnya menang 4-1 atas PS TNI, Menang 3-2 atas Persegres, menang 2-0 atas Persipura. Hasil tersebut menjadi  awal Madura United memuncaki klasemen meski hanya dalam hitungan jam.

Pasca kemenangan besar atas Semen Padang, Madura United mengalami naik turun. Kehilangan pemain kunci, Dane Milovanovic menjadi titik tolaknya. Hasilnya, pada pertandingan tandang ke kandang Borneo FC, Madura United harus kalah  telak dengan skor 3-0.  Gerbong  hilangnya pemain kunci pasca Dane Milovanovic terus berlanjut. Boubacar Sanogo  juga resmi diistirahatkan dan kemudian Eliazher Thoncy Maran dan Rheza Pratama juga resmi  dilego ke Sragen United.

***

Sejatinya, di awal musim Madura United mengawali kompetisi dengan skuad yang sangat gemuk. Terdapat sebanyak 28 pemain yang dimiliki Madura United. Namun, pada perjalanan kompetisi, beberapa pemain dilego ke tim lain. Rossy Noprihanis ke PSS Sleman, Rishadi Fauzi ke Persebaya Surabaya, Fredi Isir memilih istirahat dan Joko Ribowo ke Mitra Kukar.  Selain itu, Redouane Zirzouri yang pamit untuk melakukan terapi digantikan dengan Boubacar Sanogo.

Berkurannya 6 pemain selama putaran pertama tersebut juga menjadikan Madura United saat ini hanya memiliki pemain dengan komposisi  tergolong minim. Meski ada penambahan pemain di putaran kedua, dengan sistem tambal sulam, yakni ;  Cameron Watson (Australia) menggantikan posisi Dane Milovanovic dan terbaru  Khairallah Abdelkbir (Maroko) menggantikan posisi Boubacar Sanogo.  **tabri s. munir

 

Poin Kandang    : 26  (8 menang,  2 imbang)

Poin  Tandang    : 6 ( 1 menang, 3 imbang)

Tidak dapatkan poin : 3 pertandingan.

Persela (kalah 2-0), Bhayangkara Fc (Kalah 2-1) Borneo Fc (kalah 3-0)

SILAKAN TULIS KOMENTAR ANDA

Your email address will not be published. Required fields are marked *


NEWS FEED

‘Maung Bandung’ Dapat Kartu Merah, Madura United Tak Pernah Kalah Lawan Persib

Thursday, 19/10,2017

PERSIB BANDUNG kembali gagal menuai kemenangan di kandang sendiri pada pekan ke-30 Liga 1 2017. Itu lantaran mereka hanya bermain imbang tanpa gol dengan Madura United di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (19/10) petang.

Babak Pertama

Kedua … >>

Misi Perpanjang Rekor Tidak Pernah Kalah atas Persib

Wednesday, 18/10,2017

SELAMA dua tahun ini, Madura United tercatat sudah tiga kali bersua Persib Bandung. Dua pertandingan berhasil dimenangkan saat bermain di Madura. Tepatnya, menang 2-1 saat bermain di Stadion Gelora Bangkalan di gelaran TSC tahun lalu dan menang 3-1 saat bermain … >>

Kick Off Persib Bandung vs Madura United Dimajukan ke Sore

Wednesday, 18/10,2017

LAGA Madura United melawan tuan rumah Perisb Bandung yang sedianya akan digelar pada 19 Oktober, dengan jam kick off pukul 18.30 WIB, karena proses ijin dari pihak kepolisian, akhirnya di majukan. Sebagaiman penjelasan dari Media Officer Persib Bandung, H. Irva,  … >>

Panggih Dibawa ke Bandung sebagai Pengganti Angga Saputra

Tuesday, 17/10,2017

ABSENNYA Angga Saputra dalam pertandingan melawan Persib Bandung langsung disikapi oleh tim pelatih dengan membawa serta Panggih Prio Sembhodo dalam peserta rombongan ke Bandung. Pemain muda Madura United yang sempat dipinjamkan ke Madura United U19 tersebut sebagaimana disampaikan Gomes Olivera, … >>

Sore Hari,
Laskar Sape Kerrab
Bertolak ke Bandung…!

Tuesday, 17/10,2017

HARI ini, rombongan pemain Madura United FC dijadwalkan akan bertolak ke Bandung guna hadapi Persib Bandung pada 19 Oktober mendatang. Rombongan direncanakan akan bertolak pada sore harinya, tepatnya pukul 18.30 WIB  dengan menggunakan jalur penerbangan ke Bandara Bandung.

Meski dijadwalkan … >>

Hingga Kompetisi Berakhir, Angga Saputra Tak Bisa Tampil?

Monday, 16/10,2017

SATU pemain lagi yang dimungkinkan absen, adalah Angga Saputra. Kiper muda Madura United tersebut dikuatirkan belum pulih kala pertandingan menghadapi Persib Bandung. Kiper yang memegang rekor 4 kali clean sheet beruntun musim ini, mengalami cedera lengannya kala salah jatuh saat … >>

Bersiap Hadapi
Persib Bandung
dengan Minus 3 Pemain

Monday, 16/10,2017

LAGA Madura United selanjutnya di Kompetisi Liga 1 Go-Jek Traveloka akan menghadapi Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat Bandung. Pertandingan tersebut tercatat sebagai pertandingan ke 30 di kompetisi sepakbola tertinggi Indonesia.

Sayangnya, menghadapi tim besar sekaliber Persib Bandung, Madura … >>

Rasanya Ada
‘Tangan Siluman’
yang Menggerakkan
Wasit Hasan Akrami

Saturday, 14/10,2017

MANAJER Madura United, Haruna Sumitro, mengecam kepemimpinan wasit asal Iran, Hasan Akrami, ketika Laskar Sape Kerrab ditahan imbang Borneo FC 1-1 di Stadion Gelora Ratu Pamellingan, Jumat (13/10) malam WIB. Duel antara Madura United dan Borneo FC diakhiri dengan kericuhan … >>